Tugas 3: Literature Review pada Objek Desain
Jurnal 1
Judul : Analisis Semiotik Film Ku
Kira Kau Rumah (Semiotika Model Ferdinand De Saussure)
Objek : Film
Ku Kira Kau Rumah
Metode : Pendekatan Kualitatif
Analisis
Pada film
ini saat perayaan ulang tahun Niskala dalam menit ke 00.00.55-00.01.07. Contoh
salah satu penanda dalam menit tersebut ialah Dialog narator “Masih ingat
dengan senyumnya? Iya yang menular itu, ternyata tangisnyapun juga. Petandanya
ialah Jika Niskala sedang bahagia, kedua sahabat dan orang tuanya ikut bahagia.
Namun, jika Niskala sedang sedih kedua sahabat dan orangtuanya pun juga ikut
bersedih.
Kesimpulan
Semiotika merupakan metode yang sebuah kajian yang mendalam, sebab itu
disarankan untuk penulis lain yang kelak akan meneliti mengenai semiotika untuk
mencari makna pesan agar menambah wawasan dan memperbanyak referensi mengenai
objek penelitian. Penelitian ini hanya meneliti tentang makna pesan dalam film
“Kukira Kau Rumah”. Untuk peneliti selanjutnya dengan topik ataupun fenomena
yang serupa agar dapat mengembangkan penelitian. Diharapkan peneliti meneliti
respon khalayak terhadap film ini.
Jurnal 2
Judul : Pola Komunikasi Single Father Terhadap
Anak Perempuan Dalam Film Drama
Objek : Single Father Terhadap Anak Perempuan
Dalam Film FatherHood
Metode :
Paradigma Konstruktivis
Analisis
Ditemukan tanda pada film tersebut yaitu berupa tanda visual seperti adegan, simbol
dan dialog
Kesimpulan
Tanda yang merujuk pada pola komunikasi Authoritative
yang dilakukan Matthew kepada Maddy, ditunjukkan sikap Matthew yang
terbuka, meluangkan waktu bermain bersama anak, dan responsive.
Jurnal 3
Judul :
Analisis Semiotika Ferdinand De Sausures Makna Pesan Iklan Rokok A Mild Versi
Langkah
Objek :
Iklan Rokok A Mild Versi Langkah
Metode :
Pendekatan Kualitatif
Analisis
Penanda yang terdapat dalam iklan Rokok A Mild versi Langkah, langkah ini
adalah hasil dari apa yang kita lalui. Hal ini bisa kita ketahui dari beberapa
adegan manusia yang beraktifitas dengan ekspresi Langkah sangat ringan dan ia
sukai tanpa beban. Ada pula langkah berat, Langkah berderap, langkah sendiri,
langkah gak melangkah, langkah melawan arus, langkah penuh dengan penasaran.
Adapun petanda dalam iklan Rokok A Mild Versi Langkah adalah hari ini adalah
langkah yang kita lalui dari berbagai macam langkah yang ditayangkan.
Kesimpulan
A Mild bertujuan untuk mewakili rokok pemula, pemuda, dewasa serta masyarakat
luas, yang sesuai dengan gambar scene dalam iklan seperti langkah berat dan
setiap scenenya diperakan oleh pemuda dan orang dewasa.
Objek Desain
Lomba Desain Grafis Membuat Logo
Pada saat itu logo yang saya buat pada perlombaan
Desain Grafis sekota Depok. Logo tersebut membuat saya berkembang dalam bidang Desain
Grafis. Hal tersebut membuat diri saya menjadi berprestasi sesudah mengikuti
perlombaan itu. Walaupun bukan menjadi juara disaat perlombaan itu tetapi saya
bisa meraih juara di perlombaan lain yaitu bisa meraih juara 2 Desain Grafis di
SMA Kolese Gonzaga dan Juara 2 di SMK Putra Bangsa Depok. Selain itu saya selalu
meraih ranking 1 selama dikelas 12 samapi lulus.
Awalnya diri saya selalu merasa pesimis dalam
mendesain, selalu beranggapan biasa saja dan merasa aneh pada desain yang saya buat.
Tetapi, Ketika ada kesempatan mengikuti perlombaan desain grafis membuat logo
itu saya langsung mengukuti dan dibimbing dengan guru saya, walaupun saya
sedikit ada keragu-raguan terhadap diri saya tetapi saya berusaha untuk
mencobanya. Ketika pengumuman perlombaan dan saya tidak juara tetapi saya
merasa puas pada logo yang saya buat dan disitu lah saya merubah pikiran buruk
saya yang selalu pesimis menjadi optimis. Pada akhirnya saya bisa dan
membuahkan hasil dalam perubahan pikiran say aitu dari yang pesimis menjadi
optimis.
Metode : Kualitatif
Analisis
Pada cerita saya, logo yang buat untuk perlombaan Desain Grafis adalah sebuah tanda atau simbol yang menunjukkan karya atau hasil dari pemikiran saya. Saat saya merasa pesimis dan meragukan diri sendiri dalam mendesain, hal tersebut dapat dikaitkan sama konsep Signifier (Penanda) dan Signified (Pertanda) dalam teori semiotika.
Signifier adalah bentuk fisik atau material dari tanda,
sedangkan Signified adalah konsep atau ide yang direpresentasikan oleh
signifier. Dalam hal ini, Signifier adalah logo yang saya buat dan Signified
adalah ide atau gagasan kreatif yang ingin saya sampaikan melalui logo yang
saya buat. Tetapi, karena meragukan kemampuan diri sendiri, saya mungkin
menganggap Signifier (Logo) yang dihasilkan sebagai sesuatu yang biasa
saja atau aneh.
Selain itu, keberhasilan saya dalam meraih
prestasi di lomba desain grafis di sekolah dapat dikaitkan dengan konsep
sintagmatik dalam teori semiotika. Sintagmatik mengacu pada hubungan antara
tanda dengan tanda lainnya dalam urutan yang logis atau berurutan. Dalam hal
ini, logo yang saya buat menjadi bagian dari sintagmatik desain grafis saya
yang lebih luas, yang akhirnya membuahkan hasil dengan meraih prestasi di lomba
desain grafis lainnya.
Kesimpulan
Ketika mengalami keragu-raguan dan merasa
pesimis, mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru dapat
membantu untuk mengatasi rasa pesimis dan memperluas pandangan serta kemampuan
diri. Ketekunan dan kerja keras dalam mengembangkan bakat dan minat dapat
membawa diri pada pencapaian yang lebih baik. Prestasi dan pengakuan dapat
memberikan motivasi untuk terus mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki. Perubahan
pikiran dari pesimis menjadi optimis dapat membawa dampak positif dalam
mencapai tujuan yang diinginkan.
Comments
Post a Comment