Abstrak Animasi "Aku Bisa"

 


Abstrak

Animasi "Aku Bisa" ini merupakan karya yang dihasilkan oleh Alda Miranti, Surya Ahmad Pajar dan Iella Rizka Agustin saat UPM semester 3. Animasi ini Sinopsis tersebut menggambarkan kisah tentang Andra yang menghadapi situasi menantang di mana dua teman sekelasnya, Beno dan David, merobek gambarnya dan mengejeknya, membuatnya sedih. Namun, dengan dorongan dan nasihat ibunya, Andra mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan bekerja keras untuk mengejar mimpinya dalam menggambar. Dua belas tahun kemudian, Andra memenangkan kompetisi nasional dan memenuhi keinginan ibunya dengan memberinya hadiah untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah.


Urgensi penelitian ini karena animasi dapat membantu pengembangan teknologi animasi yang lebih baik. Selain itu, animasi juga dapat membantu pengembangan industri animasi yang lebih maju dan berkembang. Membangkitkan kualitas dan kreativitas animasi. Membuat Pemahaman terhadap nilai budaya yang terkandung dalam animasi. Penelitian animasi dapat membantu pengembangan animasi untuk pendidikan yang lebih efektif.


Dalam penelitian ini terdapat urgensi objek yang diteliti itu berupa Alur Cerita dan Nilai Kemanusiaan dan moral yang ada pada film animasi tersebut.


Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang alur cerita yang dijelaskan dalam animasi tersebut. Karena ini memberikan pemahaman tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita, masalah atau konflik yang dihadapi tokoh utama, dan pesan moral yang diungkapkan melalui cerita. Selain itu, pengkajian ini juga memberikan penekanan pada nilai-nilai positif seperti keberanian, ketekunan, dan semangat pantang menyerah, yang dapat menjadi inspirasi bagi penonton.


Teori yang digunakan adalah teori semiotika dari Ferdinand de Saussure, signifier dalam animasi terletak pada karakter visual, alur cerita, latar belakang, ekspresi, gerakan dan mimik wajah. Signified terletak pada pembelajaran tentang nilai kemanusiaan dan nilai moral.


Nama Kelompok :

Alda Miranti 202146500756

Surya Ahmad Pajar 202146500758

Comments

Popular Posts